Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing
kali ini admin akan berbagi artikel tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing. semoga bermanfaat y.
1) Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Anita Lie menyebut cooperative learning dengan istilah pembelajaran gotong royong,yaitu sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan siswa lain dalam tugas - tugas yang terstruktur. Lebih lanjut dikatakan bahwa, cooperative learning hanya berjalan kalau sudah terbentuk suatu kelompok atau suatu tim yang didalamnya siswa belajar secara terarah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan jumlah anggota kelompok pada umumnya terdiri dari 4 - 6 oarang saja.
Sedangkan menurut Slavin, pembelajaran kooperatif adalah: “Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok – kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh guru. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaraan yang setting kelompok - kelompok kecil dengan memperhatikan keberagaman anggota kelompok sebagai wadah bekerja sama dan memecahkan suatu masalah melalui interaksi sosial dengan teman sebaya, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan dan ia menjadi nara sumber bagi
teman yang lain”.
baca: RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 SD Semester 1
Cooperative learning is a complex instructional procedure that requires conceptual knowledge. David mengemukakan bahwa pembelajaran kooperatif bersifat kompleks dan membutuhkan pengetahuan konseptual.
2) Pengertian Model Pembelajaran Snowball Throwing
demikianlah pemaparan sobat pendidikan tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing. Semoga bermanfaat
1) Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Anita Lie menyebut cooperative learning dengan istilah pembelajaran gotong royong,yaitu sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan siswa lain dalam tugas - tugas yang terstruktur. Lebih lanjut dikatakan bahwa, cooperative learning hanya berjalan kalau sudah terbentuk suatu kelompok atau suatu tim yang didalamnya siswa belajar secara terarah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan jumlah anggota kelompok pada umumnya terdiri dari 4 - 6 oarang saja.
Sedangkan menurut Slavin, pembelajaran kooperatif adalah: “Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok – kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh guru. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaraan yang setting kelompok - kelompok kecil dengan memperhatikan keberagaman anggota kelompok sebagai wadah bekerja sama dan memecahkan suatu masalah melalui interaksi sosial dengan teman sebaya, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan dan ia menjadi nara sumber bagi
teman yang lain”.
baca: RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 SD Semester 1
Cooperative learning is a complex instructional procedure that requires conceptual knowledge. David mengemukakan bahwa pembelajaran kooperatif bersifat kompleks dan membutuhkan pengetahuan konseptual.
2) Pengertian Model Pembelajaran Snowball Throwing
Model snowball throwing (melempar
bola) merupakan jenis pembelajaaran kooperatif yang didesain seperti permainan melempar
bola. Metode ini bertujuan untuk memancing kreatifitas dalam membuat soal
sekaligus menguji daya serap materi yang disampaikan oleh ketua kelompok.
Karena berupa permainan, Siswa harus dikondisikan dalam keadaan santai tetapi
tetap terkendali tidak ribut, kisruh atau berbuat onar.
3) Langkah-langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing
a) Guru menyampaikan materi yang
akan disajikan. Guru membentuk kelompok – kelompok dan memnggil masing – masing
ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
b) Masing – masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya masing – masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan
oleh guru kepada temannya.
c) Kemudian masing – masing siswa
diberikan satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang
menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
d) Kemudian kertas tersebut
dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama kurang
lebih 5 menit.
e) Setelah siswa mendapat satu bola
/ satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
f) Evaluasi
g) Penutup.
4) Ciri – ciri
a) Komunikatif.
b) Sistem belajar dua arah ( guru
dan siswa sama – sama berperan aktif)
c) Menyenangkan
artikel terkait : Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Revisi Kelas 2 dan 5 Semester 1
5) Kelebihan
a) Melatih kesiapan siswa
b) Saling memberikan pengetahuan
c) Terciptanya suasana belajar
yang komunikatif.
demikianlah pemaparan sobat pendidikan tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing. Semoga bermanfaat
- Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning – Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hasan Fauzi Maufur. (2009). Sejuta Jurus Mengajar dan Mengasyikan. Semarang: PT. Sindua Press.
- Slavin, Robert E., Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik, (Bandung:NusaMedia, 2008).
0 Response to "Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing"
Post a Comment
Catatan :
~ Usahakan Komentar Yang Sopan / Tidak Menyinggung
~ Tidak Mengandung Kata kasar
~ Tidak Berbau porno Atau sara
~ Boleh Berupa Kritik Atau Saran
~ Komentar Sesuai Artikel Di Atas
~ Diharapkan Untuk Tidak menulis Link Hidup / Aktif